Saturday, June 2, 2018

Berperang melawan mesin

Sebagai seorang blogger tentu sudah hafal dengan namanya Adsense, baik yang baru maupun senior. Salah satu cita-cita seorang blogger adalah mendapatkan uang dari menulis di blog. Kenyataannya ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nah disini akan saya ungkap kesalahan blogger yang money oriented seperti yang saya alami dan mari kita ubah persepsi apa yang seharusnya kita lakukan.
Blogger adalah sebuah hobi, ya hobi menulis tentunya. Banyak hal bisa kita tuangkan dan kita tulis. Awalnya memang keisengan saya sebagai penulis bebas dan blog sebgai medianya. Namun seiring perjalanan waktu saya mulai menuliskan hal-hal yang memang menjadi kehidupan saya sehari-hari, mulai dari hobi yang saya jalani dan apa yang menjadi pekerjaan saya di kehidupan saya. Jujur sayapun mengelola beberapa blog dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang saya kuasai termasuk salah satunya ya bloginasi ini.
Untuk mendapatkan uang melalui blog kita bisa menjadi publisher adsense alias tukang iklan atau menyediakan ruang dari blog kita untuk menampilkan iklan. Nah sebagai penampil iklan kita pun wajib memebuhi beberapa syarat yang bisa kita baca saat kita mendaftar pada adsense. Namun modal utama adalah blog kita harus berkualaitas yang memeberikan pengunjung informasi dan hal-hal yang menjadi tujuan pengunjung untuk membaca blog kita. Oleh karena itu kita dituntut untuk aktif alias selalu melakukan update. Sebagai publisher tentu inilah sebenarnya pekerjaan kita menyajikan tulisan berkualitas dalam blog kita sebagai sumber informasi, namun kadang hasrat tentang uang memicu kita untuk menyalhgunakan kepercayaan yang telah diberikan dengan melakukan hal-hal yang melanggar aturan ataupun memang ada pihak lain yang tidak senang dengan apa yang telah kita lakukan untuk menaikkan rating blog kita ini.
Saya pribadi bukanlah orang yang pintar dalam hal bagaimana mengelola blog secara baik dan benar, namun dari belajar sedikit demi sedikit ada hal-hal baru yang saya dapatkan untuk menegelola blog dengan baik, salah satunya adalah konsistensi dalam berjalannya waktu untuk mengelola blog. Menjadi seorang publisher Adsense menjadi salah satu tujuan untuk mengelola blog setelah saya belajar menegenai blog. Setahun yang lalu saya sudah mendapatkan akun adsense dan 5 bulan yang lalu pun akhirnya terverifikasi namun 2 bulan yang lalu menjadi Disable alias baned karena kesalahan adanya Invalid click yang tidak saya ketahui. Ya apa mau dikata gugur sudah tujuan menjadi Publisher adsense, namun karena memang blog adalah sebuah hobi ya lanjut saja. Disini saya sekedar curhat saja karena memang tulisan saya mengenai bloginasi adalah apa yang saya kuasai. Ya intinya adalah sebagai Publisher kita diwajibkan jujur dan patuh pada aturan namun bisa jadi ada pihak lain yang tidak senang dan sengaja menjatuhkan kredibilitas kita. Apapun itu dalam kehidupan tentu ada sebuah cobaan sebelum kita naik kelas.
Sambil memperbaiki hal-hal yang mungkin harus diperbaiki tetap kita jangan putus asa untuk terus maju apalagi memang berbagi ilmu dan pengalaman akan memberikan kita tabungan pahala untuk kehidupan selanjutnya. Jika ada cobaaan anggap saja sebuah tantangan bagi kita agar kita lebih tekun. Jika suatu saat nanti apa yang kita rintis dalam proses ini berhasil tentu akan ada sebuah kenangan manis yang bisa kita jadikan cerita di masa datang. Saya percaya bahwa hasil tidak akan membohongi sebuah usaha yang memang berasal dari apa yang menjadi tujuan kita. Semoga para pembaca pun bisa mendapatkan kembali apa yang seharusnya menjadi hak dan impian anda semua. Salam.

No comments:

Post a Comment