Sunday, February 28, 2016

Bagaimana Memulai Sebuah Blog

Perkembangan dunia cyber saat ini memberikan suatu peluang baru bagi para penggunanya untuk menuangkan ide dan pikiran bahkan untuk jalan mencari uang lewat dunia blogging. Apa saja yang perlu kita persiapkan untuk memulai sebuah blog akan saya jelaskan disini dalam Bagaimana Memulai Sebuah Blog beserta penjelasannya.
Apakah membuat sebuah blog itu sulit? Jawabannya akan anda temukan sendiri jika anda sudah memulainya.

Hal kecil bisa kita ubah menjadi besar asal ada kemauan


Sebelum  kita memang terjun dalam dunia blog tentu ada persiapan yang harus kita penuhi.

Pertama kita sediakan dahulu alamat email/surel agar apapun informasi yang kita perlukan dapat diberitahukan melalui email kita ini yang berhubungan dengan blog dan aktifitas didalamnya. Email adalah WAJIB bagi para blogger sebagai sarana aktivasi blog kita nantinya. Email sendiri banyak jenisnya dan untuk blog yang kita buat sebaiknya menggunakan akun Gmail terutama bagi blogger yang akan digunakan untuk tujuan earning money alias jadi publiser iklan google adsense.
Langkah selanjutnya setelah email kita siap silahkan masuk ke Blogger.com karena inilah satu-satunya blog yang menyediakan layanan untuk google adsense yang sudah banyak digunakan selain mudah dan tentunya GRATIS.

Jika kita sudah masuk ke blogger tinggal kita ikuti saja arahan dari blogger tersebut. Pilih  Blog Baru pada bagian halaman depan. Masukkan alamat email yang sudah kita buat tadi dan ikuti petunjuk pengisisan berikutnya. Membuat sebuah blog TIDAK sulit. Namun untuk membangun blog agar mencapai kesuksesan bukan hal yang mudah.

Apa indikasi blog kita sukses? Jumlah pengunjung setiap harinya yang terus bertambah adalah indikasi bahwa blog kita bagus dan disukai oleh para pembaca. Inilah yang menjadi tujuan para blogger dalam membangun sebuah blog yang berkelas dan menjadi lahan penghasilan.
Untuk membangun sebuah blog tentu tidak semudah ketika kita membuatnya. Membangun sebuah blog membutuhkan energi dan kerja keras serta konsisten dengan apa yang sudah menjadi tujuan kita dalam membangun sebuah blog.

Beberapa blogger mungkin hanya melihat setiap kesuksesan sebuah blog tanpa melihat latar belakang yang dijalani oleh pencipta blog tersebut. Seorang blogger dituntut untuk sabar,mau belajar dan konsisten dengan segala yang terjadi pada blog yang dikelolanya.
Untuk memperoleh pengunjungpun kita harus mengenalkan bahwa blog kita ada. Tulisan yang spesifik pun menjadi kunci kesuksesan.

Pilih SATU topik untuk blog yang kita buat. Semisal jika memang kita mempunyai hobi jalan-jalan maka buat saja blog tentang perjalanan kita, maka akan banyak hal yang bisa kita gali dari ide-ide  selama perjalanan tersebut.
Hal terpenting adalah kita jangan hanya antusias saat memulai blog tersebut namun juga harus rajin dan rutin dalam memberikan kontribusi untuk blog kita.
Jika pada saat kita menulis mempunyai kendala atau halangan jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih paham agar kita mendapatkan solusi yang kita inginkan.

Blog adalah kita. Apa yang kita tulis merupakan perwujudan diri kita dalam tulisan. Mencintai blog yang kita bangun seperti kita mencintai diri sendiri. Maka suatu saat blog itu akan memberikan kita kebahagiaan. Tidak perlu kita terburu-buru dalam membangun sebuah blog. Untuk mempunyai blog yang menghasilkan tentu kita butuh proses panjang apalagi jika kita sama sekali belum paham tentang dunia blogger. Ibarat sebuah investasi jangka panjang blog tidak selalu akan berhasil hanya dalam waktu singkat. Inlah yang harus kita pahami pertama kali dalam mengelola blog.

Menjadi sebuah blogger ibarat kita menjadi seorang wartawan namun juga seorang seniman. Wartawan karena kita memberikan informasi yang bermanfaaat untuk orang lain, seniman karena kita harus merangkai kata demi kata agar menghasilkan tulisan yang mudah dicerna bagi para pembacanya dan memberikan manfaat dalam isi tulisan tadi.

Bagi yang memang memiliki bakat seni terutama seni menulis tentu blog adalah sebuah istana bagi kita dimana kita dapat mengekspresikan diri kita seluas-luasnya namun harus tetap berada pada jalur yang sudah ditentukan oleh pihak blogger. Misal kita tulis tentang puisi atau karya sastra seperti cerita pendek, cerita bersambung juga tulisan karya lainnya.

Demikian tadi sekilas ulasan mengenai Bagaimana Memulai Sebuah Blog bagi anda yang baru saja membaca tulisan sederhana ini dimana kami juga sedang berusaha belajar mengelola blog agar lebih bermanfaat bagi semua para pembaca.

No comments:

Post a Comment