Monday, February 29, 2016

Membangun Blog

Blog adalah rumah kita.
Inilah yang harus kita tanamkan pada diri kita saat kita sudah memtuskan untuk memulai sebuah blog. Ibarat sebuah rumah untuk membangun sebuah blog harus mempunyai pondasi yang kuat. Pondasi yang saya maksud disini adalah semangat. Untuk membangun blog lita harus mempersiapkan rancangan kemana,bagaimana,apa saja yang nantinya akan mengisi dari blog kita. Semangat inilah yang harus kita kelola. Selalu optimis, tekun,bertekad kuat dan jangn menyerah. Pastilah masalah akan datang. Sebelum masalah muncul perlu kita siapkan apa saja hal untuk mencegahnya.
Jika kita ingin membangun rumah bertingkat dengan lantai dua tentu kita tidak akan membuat pondasi ala kadarnya seperti membuat gubuk di tengah sawah. Kita membutuhkan bahan baku yang berkualitas pula.
Ibarat rumah, jika memang kita ingin membangun blog untuk tujuan sebagai penghasil uang dan bukan sekedar tulisan curhatan tentunya kita juga harus siap dengan apa saja yang dibutuhkan. Sekali lagi karya original adalah jawabannya.
Sebuah karya asli akan dihargai walaupun mungkin jelek tampilannya. Ingat dalam sebuah blog bukan tampilan luar saja yang menjadi tolak ukur namun adalah ISI dari tulisan tersebut. Jika kita menulis saja terlihat pesimis tentu para pembaca juga akan enggan untuk menerukan bakan membaca sampai akhir. Sebuah tulisan harus memberikan motivasi dan semnagat untuk pembacanya. Salah satu kesalahan para blogger pemula adalah mengejar jumlah atau kuantitas tulisan namun tidak memperhatikan kualitas tentang blog tersebut. Ibarat sebuah rumah yang luas dan megah namun ketika kita masuk tidak ada bedanya dengan sebuah ruangan kosong atau gedung kosong. Tentu ini akan mengecewakan pengunjung yang berharap menemukan sesuatu yang baru didalam rumah tersebut.
Seorang blogger harus beraksi, artinya ketika ide itu datang dan hadir segera bertindak agar apa yang ada dalam pikiran bisa tertuang dan berkembang menjadi sebuah hasil tulisan yang berkualitas. Kunci sebuah blog adalah pada bentuk tulisan bukan hal lainnya, sehingga kita harus lebih banyak menulis dengan informasi-informasi penting dan diperlukan oleh para pembaca. Konsisten dengan blog yang kita kelola adalah faktor utama agar blog kita selalu mempunyai artikel baru dan fresh serta uptodate dengan kebutuhan informasi para pengunjung. Seorang blogger yang pada awalnya bersemangat bisa tiba-tiba tak berdaya ketika apa yang dijalani tidak sesuai dengan bayangan awal. Inilah yang harus dirubah. Blog ibarat memnabangun rumah, harus melalui tahap-tahap yang berkesinambungan. Jangan berfikir kita membuat atap sebelum tembok dan tiang penyangga terpasang. Dari pondasi yang sudah terbentuk mulailah untuk merangkai tulang-tulang tembok. Perkuat dengan besi. Tambahlah wawasan anda sebagai penguat, cari dan gali informasi yang diperlukan dari sumber lain. Bertanya pada ahlinya tentu akan lebih bagus. Mendapatkan solusi tanpa harus berbingung ria. Setelah tulang beton tembok terbentuk awalai dengan memasang tembok pada sekelilinganya. Artinya perhatikan faktor keamanan dari blog yang sudah kita buat. Jangan kita lalai dengan apa yang sudah kita rancang.

No comments:

Post a Comment