Monday, February 29, 2016

Menulis pada Blog


Dalam menulis sebuah blog setelah kita menentukan tema dan topik yang ingin kita saja perlu kita ketahui bahwa sebuah blog yang berkualitas harus memiliki unsur originalitas alias asli hasil karya kita pribadi.
Hindari menggunakan copy paste agar nantinya kita dapat mengembangkan lebih jauh blog kita sebagai sebuah lahan untuk menghasilkan uang.

Tulis sesuai apa yang ada dalam pikiran anda untuk dituangkan menjadi karya yang bermanfaat dan memberikan informasi bagi orang lain. Banyak blogger akhirnya menjadi gagal ketika apa yang dibayangkan pada awal pembuatan blog tidak mudah seperti apa yang dibanyangkan. Sesungguhnya kunci utama dalam membangun blog hanyalah sebuah kesabaran dan konsistensi. Sabar dalam arti kita harus benar-benar bisa untuk menahan ambisi menjadi blogger yang sukses dengan cara-cara instan. Untuk mengelola sebuah blog yang berkualitas tentu kita membutuhkan waktu yang tidak singkat. Contoh ketika saya pertama kali mencoba menulis dan mengelola sebuah blog tentang dunia mancing maka saya sebelumnya harus memahami dahulu seluk beluk dunia mancing sebelum menuangkan menjadi sebuah tulisan.

Sama halnya ketika kita akan membangun blog sesuai dengan apa yang ingin kita tulis, kita pun harus mempunyai bahan dan resep yang terbaik agar hasil dari karya kita juga akan bernilai dan berkualitas tinggi. Menulis pada blog sebenarnya sama dengan ketika membuat suatu tulisan seperti tugas sekolah dimana kita memberikan jawaban atas apa pertanyaan yang diajukan serta memberika poin-poin penting dalam isi tulisan kita.

Blog yang baik dan mempunyai informasi yang dibutuhkan tentu akan menjadi rujukan bagi para pengunjung. Hal ini tentu akan meningkatkan trafik visitor. Dalam sebuah blog jumlah pengunjung atau visitor adalah hal penting sebagai tolak ukur kesuksesan kita. Tidak perlu kita berpikir bagaimana menghasilkan jumlah pengunjung yang banyak selama blog kita juga masih minim akan tulisan.

Sebuah blog yang sukses dapat kita lihat mempunyai kualitas tulisan yang bagus. Tulisan yang bagus dan berkualitas merupakan poin penting dalam sebuah blog. Isi tulisan yang berkualitas tentu akan menghasilkan jumlah pengunjung yang banyak.
Tulisan yang bagaimanakah yang berkualitas untuk sebuah blog?
Untuk sebuah blog yang mempunyai kualitas baik tentu akan memberikan isi yang sesuai dengan tema blog tesebut. Isi yang sesuai dengan tema blog akan memberikan nilai lebih dibandingkan jika blog berisi tentang berbagai macam informasi namun menjadi para pembaca semakin bingung.
Tulisan yang ringan,mudah dimengerti namun berbobot akan memberikan kesan mendalam kepada pengunjung blog.

Sebuah konten pada satu artikel juga harus memiliki pedoman, jangan terlalu singkat namun tidak perlu bertele-tele atau panjang lebar. Tulisan memberikan poin utama yang diinginkan pembaca. Sumber penulisan dapat kita peroleh dari sekeliling kita baik dari media blog lain,buku,tv,radio bahkan informasi yang beredar di jalanan namun harus valid atau benar adanya.
Setiap penulis blog memiliki ciri atau gaya penulisan yang berbeda-beda. Salah satu keunikan dari dunia blogger adalah ciri tersebut. Gaya dan penyampaian tulisan yang mudah dicerna,dipahami dan memberikan jawaban dari pertanyaan pembacanya adalah ciri blog yang bagus.

No comments:

Post a Comment