Sunday, February 28, 2016

Cara Mengoptimalkan Blog



Setelah kita berhasil membuat sebuah blog, langkah apa yang selanjutnya akan kita lakukan?
Pertama kita harus paham dahulu apakah tujuan kita mebuat suatu blog itu. Apakah blog kita buat hanya sekedar sebagai bentuk curahan hati ataukah memang kita butuh blog untuk mendatangkan uang? Agar Blog dapat tumbuh dan berkembang kita harus melakukan optimalisasi dalam blog kita ini. Nah dalam tulisan kali ini akan kami berikan Cara Mengoptimalkan Blog agar mendapatkan pengunjung yang banyak seperti yang kita inginkan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh sebaiknya tentukanlah dahulu apa tujuan utama kita membuat sebuah blog. Hal ini nantinya akan berkaitan langsung dengan topik atau tema dari blog yang kita buat. Kebanyakan blog yang ada saat ini biasanya bernama sesuai dengan nama atau alias dari si pembuat dan pemilik blog. Ini tentu memang blog sengaja dibuat sebagai awalan untuk memulai berblogger ria.

Banyak blog yang menggunakan nama atau inisial dan alias pada akhirnya menjadi sebuah blog yang menghasilkan uang, baik lewat blog itu sendiri maupun dari penjualan attitude si pemilik blog. Pada dasarnya blog yang bagus memiliki konten atau isi blog yang informatif dan menarik pengunjung untuk membaca halaman demi halaman. Informasi yang terkandung dalam sebuah tulisan tentu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mampir sekedar ingun mengetahui atau untuk mencari informasi yang diperlukan oleh para surfer ini.

Blog yang menarik biasanya lebih spesifik dalam menyajikan tulisan yang berisi informasi tertentu. Topik  atau niche yang menjadi benang merah dalam blog tentu tidak lepas dari isi blog tersebut. Sebuah blog dengan satu jenis pembahasan topik akan lebih menarik dan mempermudah pengunjung untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Semisal untuk artikel kesehatan maka blog hanya akan menyajikan informasi seputar kesehatan saja akan lebih menarik daripada blog yang menggunakan topik kesehatan namun isinya menyimpang dari apa yang dimaksudkan oleh pencari informasi.

Bagi para pemula dalam blogger tentunya masih binggung tentang apa yang hendak dijadikan tema bagi blognya nanti sehingga banyak blogger muda yang mencari informasi lewat mesin pencari. Menentukan tema sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kita memang mempunyai tekad dan usaha untuk menuliskan segala macam ide yang ada di kepala kita. Cara mudah menentukan tema untuk blog kita adalah dar kehidupan sehari-hari yang kita jalani akan lebih mudah untuk menjabarkan isi ide di kepala. Semisal kita adalah seorang pelajar, tentu kita lebih sering mengalami kendala ketika belajar di sekolah, ini bisa menjadi ide untuk menulis pada blog kita semisal menuliskan tentang cara mengatasi nilai buruk di sekolah. Saat ini pelajar lebih sering menggunakan internet untuk mencari informasi berkaitan dengan tugas sekolah, hal ini bisa menjadi bahan tulisan kita pada blog yang akan kita buat.

Semakin banyak jumlah pengunjung pada blog yang kita miliki tentu akan memberikan nilai plus untuk kelanjutan blog kita. Dalam sebuah dunia blogger, jumlah pengunjung adalah salah satu poin terpenting agar blog yang kita kelola bisa menjadi besar dan sukses seperti pada blog para senior.
Tulislah apa yang kita ketahui dan jangan menulis hal-hal yang diluar pemahaman kita. Kunci dari sebuah blog yang mempunyai kualitas bagus dimiliki oleh orang-orang yang pada kehidupannya memang tidak jauh dari apa yang tertuang pada blog yang dia kelola. Bagi pemula blog mungkin hanyalah sebuah tempat pelampiasan atas apa yang tidak didapatkan pada kehidupan ini, namun bagi blogger yang memang sudah berniat sebuah kekurangan itulah yang menjadi motor utama untuk membuat suatu tulisan yang berkualitas bukan sekedar ajang curhat. Banyak blog yang menyajikan tentang hasil atau materi yang didapatkan, namun poin terpenting dari seorang blogger hanyalah konsistensi untuk selalu menyajikan tulisan yang berkualitas dan informatif.

Sebuah blog akan mencapai hasil maksimal TIDAK dalam waktu yang singkat, namun butuh proses panjang dan membutuhkan kerja keras serta ketekunan. Blog dapat dioptimalkan jika modal kita ada pada ide yang ingin disampaikan untuk membantu para pengunjung mendapatkan informasi yang mudah. Sebuah blog harus benar-benar berkualitas dari segi isi yang termuat didalamnya.
Mendapatkan pengunjung tentu bukanlah hal yang mudah namun kondisi saat ini akan mempermudah kita untuk memperoleh pengunjung. Media sosial merupakan salah satu cara termudah untuk memberikan informasi bahwa kita mempunyai blog. Pepatah mengatakan  Tidak Kenal Maka Tidak Sayang jika kita pengen dikenal tentu kita juga harus memperkenalkan diri atau mempromosikan diri kita kepada para pengunjung. Semakin kita dikenal maka semakin mudah pula pengunjung untuk mendapatkan informasi terkait dengan apa yang kita tuliskan.

Demikian tadi Cara Mengoptimalkan Blog agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai harapan kita nantinya sebagai salah satu investasi di masa depan. Tetap berjuang dan semangat dalam menuliskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

No comments:

Post a Comment