Monday, February 29, 2016

Manfaat Mengelola Blog

Ada beberapa pertanyaan mendasar bagi orang awam yaitu apakah manfaat dari menjalankan dan mengelola sebuah blog?
Blog akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai pengelola maupun masyarakat luas sebagai pencari informasi yang dibutuhkan lewat kita. Mebgelola blog juga mengasah keterampilan kita dalam hal menuangkan ide dan pikiran lewat tulisan. Blog tidak semata-mata sekedar menulis namun juga sebagai sarana untuk bersosialisasi leat tulisan. Kita dapat terhubung dengan orang lain melalui tulisan yang kita buat dan kita hasilkan.
Pada perkembangannya blog tidak hanya sekedar sebagai ajang untuk berbagi informasi namun juga menjadi peluang bisnis baru. Banyak sekali contoh blogger yang kemudian berhasil hidup dari tulisannya dan menciptakan peluang bisnis seperti berjualan online maupun bisnis yang berkaitan dengan tulisan yang tersaji lewat blog yang dikelolanya.
Blog adalah sebuah ajang untuk mencapai tahapan dalam kehidupan. Disini terdapat tantangan baru dimana kita harus benar-benar belajar dan menjalani sebuah proses pembelajaran. Ibarat sebuah ujian blog tidak bisa dijalankan dengan terburu-buru dan hanya mengandalkan bahan dari blog lainnya melalui copy paste. Jika memang anda berniat sungguh-sungguh untuk mengelola sebuah blog yang menghasilkan uang tentu jangan memakai cara-cara instan seperti copy paste karena hal ini akan mempersulit perkembangan blog anda di waktu mendatang.
Menggunakan blog untuk menghasilkan uang?
Pertanyaan awal yang sering muncul ketika seorang pemula melihat tulisan-tulisan yang banyak muncul lewat blog. Memang pertanyaan tersebut sangat membuat penasaran. Jika dipelajari lebih lanjut sebuah blog dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang mungkin akan membuat kita geleng-geleng kepala. Hanya dengan menulis saja hasil yang diperoleh jauh diatas profesi lainnya.
Kok bisa?
Pada awalnya pun saya hanya memandang sebelah mata tentang profesi seorang penulis blogger. Karena merasa penasaran maka saya coba mencari informasi terkait pendapatan seorang penulis blog. Sungguh fantastis. Jika dibandingkan hasil gaji seorang pegawai negeri jauh lebih banyak hasil dari ngeblog. Tentu ini juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan dan pembelajaran. Bagi seorang pemula dan awam tentang blog tentu akan sedikit kesulitan. Namun dengan motifasi dan semangat pastilah akan mendorong kita untuk mencari solusi cara yang tepat untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan.
Sebuah blog harus mempunyai tulisan yang original dan merupakan hasil karya sendiri. Inilah keunikan sebuah blog, apa yang disajikan pastilah berbeda-beda walaupun mempunyai maksud dan tujuan yang sama. Bagi yang kreatif dan mau berinovasi maka sebuah blog akan membuka peluang yang besar untuk memperoleh pendapatan diatas rata-rata.
Kunci utama dari sebuah blog yang kita buat haruslah merupakan murni hasil dari pemikiran kita sendiri dan jangan sekedar copy paste dari blog karya orang lain.
Selain sebagai sarana berbagi informasi, sebuah blog akan membuka cakrawala kita tentang dunia lain diluar sana yang mungkin hanya bisa kita baca. Seorang blogger cenderung memiliki banyak teman dan mudah bergaul dengan siapa saja sehingga blog secara tidak langsung akan mengajarkan kita tentang hubungan yang baik dengan orang lain. Tentu pada suatu saat juga kan memberikan manfaat.
Kecenderungan berfikir secara kritis dalam menghadapi persoalan akan membentuk pribadi yang kuat dan mampu untuk bersosialisasi dalam bermasyarakat. Mengelola sebuah blog ibarat kita membangun sebuah rumah yang memerlukan pondasi yang kuat terlebih dahulu. Sebagai awal untuk mencapai apa yang kita inginkan dari tujuan utama kita sebagai seorang blogger. Dengan modal semangat ketekunan dan pantang menyerah akan melatih kita sebagai seorang yang tangguh dalam segala persoalan. Mengawali sebuah blog tidaklah sesulit yang kita bayangkan asalkan memang ada tekad yang kuat untuk membangun blog secara profesional.

No comments:

Post a Comment