Tuesday, March 1, 2016

Blog yang berkualitas

Sebuah blog tidak mempunyai patokan atau penilaian yang khusus untuk dkatakan menraik. Namun ada beberapa hal yang harus kita dalami agar blog kita menjadi berkualitas dengan banyakknya pengunjung atau visitor. Saya katakan di awal untuk sebuah blog yang berkualitas tidak harus berpenampilan bagus namun memiliki ISI yang berbobot secara materinya. Isi sebuah blog akan menentukan kualitas blog.
Agar menarik tentunya juga harus dipadukan dengan tampilan yang menarik pula. Menarik dalam hal ini adalah letak susunan tampilan awal pada halaman blog tersebut memudahkan para pengunjung untuk memilih menu yang disajikan. Pemerhatian tata letak akan berpengaruh pada kenyaman pengunjung untuk betah berlama-lama di dalam blog yang kita kelola.
Blog sederhana belum tentu tidak menarik, justru karena sederhana itu pulalah sebuah blog akan lebih mudah loading dibandingkan blog dengan tampilan rumit sehingga justru akan lama dalam loadingnya. Blog sederhana namun memiliki tampilan yang menarik tentu akan menjadi pilihan pengunjung. Menarik dapat dilihat dari judul yang disajikan baik dari nama blog itu sendiri ataupun dari judul ISI daripada blog tersebut.
Judul yang mudah dimengerti akan maksud yang disampaikan si penulis dalam blog tentu memberikan rasa penasaran atau mempermudah pengunjung untuk menemukan konten yang sedang dicari.
Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam penataan blog ada baiknya kita memulai dengan menata kalimat yang akan disampaikan agar pengunjung lebih mudah memahami isi dari artikel yang akan disampaikan. Banyak blog yang berkualitas menyajikan isi yang terkandung dengan lebih padat, singkat namun memiliki bobot yang berkualitas tinggi.
Sebuah blog akan bertrafik tinggi jika apa yang ditulisnya merupakan hal-hal yang sering menjadi pertanyaan seputar kehidupan seperti konten kesehatan, tehnologi, hal unik, fashion atau berita terkini. Sebuah konten yang selalu uptodate akan menjadi pilihan utama. Namun ada juga konten tertentu yang setiap saat tetap dibutuhkan bagi para pengguna dunia internet. Semisal cara mengoptimalkan penggunaan komputer, cara membuat blog atau hal-hal yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer. Tehnologi saat ini lebih banyak berkembang lewat dunia internet. Ini bisa kita jadikan salah satu bahan penulisan yang akan selalu dicari oleh para penggunjung.
Untuk sebuah blog yang memang dibuat untuk kepentingan earning atau menghasilkan tentu konten yang disajikanpun bukan konten yang sembarangan karena banyak hal agar sebuah blog bisa bernilai jual di dunia internet. Jika anda tertarik untuk membuat blog yang menghasilkan tentu harus belajar lebih dalam lagi tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam blog yang kita bangun. Pada intinya sebuah blog akan berkualitas jika karya yang dihasilkan adalah asli walaupun sederhana. Blog yang berkesan mewah namun isi yang disajikan hanyalah hasil copy paste tentu bukan sebuah blog yang bagus. Jika anda sering berkeliling lihatlah ISI yang disampaikan pada blog, kadang akan kita temui beberapa blog yang sama tulisannya inilah yang disebut copy paste dimana kata perkatanya sama. Jelas ini adalah blog yang kurang pantas untuk kita tiru.

No comments:

Post a Comment