Saturday, March 5, 2016

Monetisasi Blog


Salah satu tujuan dari kegiatan blogging adalah menghasilkan pendapatan berupa uang. Lalu bagaimana caranya agar kita memperoleh uang dari hasil kegiatan blogging?
Jika memang kita bertujuan untuk memperoleh pendapatan dari blog tentu tidak mudah dan instan, namun kita harus secara bertahap mempelajari blog secara mendalam. Ulasan kali ini membahas tentang cara menghasilkan uang melalui blog atau biasa di sebut dengan Monetisasi Blog dimana akan kami jelaskan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang melalui kegiatan menulis di blog.


Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari kegiatan blog kita. Berikut ini adalah cara memperoleh uang dari blog yang kita buat:

Membuat produk atau menjual produk fisik melalui blog. Ini adalah salah satu cara atau sistem marketing secara modern dengan menggunakan media internet sebagai ajang promosi gratis maupun berbayar. Perkembangan tehnologi saat ini mempermudah seseorang untuk memeperoleh informasi tentang barang yang diinginkan. Inilah satu peluang kita untuk menjadi penjual online. Kita tidak perlu membutuhkan tempat namun barang bisa kita jual dengan memotong sistem distribusi barang dari produsen langsung kepada pembeli/konsumen. Cara ini terbukti banyak diminati oleh konsumen yang memang tidak mempunyai waktu untuk berbelanja ke toko atau pasar secara langsung.

Cara berikutnya adalah dengan menjadi google adsense publiser. Cara ini terbukti banyak peminatnya dan sudah banyak para blogger mendapatkan keuntungan dari program ini. Namun monetisasi melalui google adsense tidak semudah cara pertama dimana kita cukup membuat blog dan menampilkan produk serta menjualnya. google adsense mempunyai aturan yang ketat dalam seleksi blog yang layak untuk menjadi publiser. Kita harus mengikuti aturan main yang telah diterapkan oleh pihak google.

Cara selanjutnya adalah menyediakan space iklan untuk produk dari sponsor. Yaitu pihak sponsor mengadakan perjanjian dengan kiota sebagai pemilik blog untuk memperoleh ruang promosi. Nah cara ini lebih mudah daripada menjadi publiser adsense dari Google. Nilai ang kita inginkan juga atas kesepakatan dengan pihak sponsor.

Selanjutnya menjual produk digital semisal eBook maupun produk lain. Dimana produk digital kita buat dan hanya pembeli yang memiliki kode akses kepada produk yang kita tawarkan tersebut.
Adalagi cara yang bisa kita tempuh agar blog menjadi penghasil pundi kekayaaan yaitu dengan menawarkan program afilisasi, mengikuti program PPC dan sebagainya.

Namun sebagai awal untuk pemula kita lebih baik menjual produk melalui blog yang kita buat jika memang kita belum memahami sistem perkembangan blog yang kita bangun. Secara bertahap nantinya kita akan paham cara menghasilkan uang lewat blog secara mudah. Demikian tadi beberapa cara agar blog kita menghasilkan rupiah dengan cara Monetisasi Blog semoga tulisan ini menginspirasi anda dalam membangun blog anda selanjutnya.

No comments:

Post a Comment