Sunday, November 5, 2017

Blogger sebagai sebuah profesi

Blogger merupakan sebuah profesi yang belum begitu dianggap sebagai sebuah profesi di negeri ini. Tidak seperti pegawai lainnya yang dianggap lebih tinggi derajatnya dalam sebuah kehidupan bermasyarakat. Blogger adalah sebuah profesi yang tidak nampak dalam keseharian. dan belum ada cerita seorang anak kecil akan berkata "cita-cita saya ingin menjadi Blogger" Nah loh????

Sebagai sebuah profesi yang baru dan masih dianggap sebelah mata namun kenyataannya banyak sekali orang yang bergabung dalam dunia blogger. Mereka berfikiran bahwa menjadi seorang blogger akan mudah menghasilkan uang. SALAH BESAR. Karena  blogger adalah sebuah bentuk perjuangan untuk mencapai kesuksesan lanyaknya usaha lainnya bahkan lebih cenderung enterpreneur alias berusaha semandiri mungkin dalam menekuninya. Blogger adalah sebuah profesi yang butuh perjuangan,waktu dan semangat juang tinggi dan hanya akan bisa dilakoni oleh orang-orang bermental baja dan tidak kenal kata menyerah.



Jika anda masih berfikiran bahwa blogger adalah sebuah profesi mudah silahkan baca artikel Solusik.Com dimana dijelaskan secara gamblang sekali bahwa blogger tidaklah sebuah proses mudah. Blogger itu adalah sebuah passion atau dimana hati kita akan puas jika sudah bisa menulis artikel sehingga kepuasan itu adalah saat bisa berbagi ilmu lewat tulisan kita yang ada diblog. Soal hasil materi bukanlah tujuan utama seorang blogger.

Menulis...ya menulislah yang menjadi awal seorang blogger untuk mencintai dunia Blog. dengan merangkai kata demi kata dan meberikan penjelasan secukupnya adalah sebuah pekerjaan yang lebih pada kepuasan untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman melalui media tulisan. Bagi blogger pemula tentu ini sebuah godaan untuk mendapatkan uang melalui blog sehingga terkadang menjadi salah jalan dan pada akhirnya hanya berkutat soal uang dan materi tanpa mampu memberikan karya terbaiknya. Alih-alih menulis artikel merekapun hanya sekedar copy paste dari artikel lainnya sehingga ilmu yang ada pada tulisan tersebut hanya sebatas dilihat tanpa dimaknai secara mendalam. Bahkan karena ingin cepat mendapatkan uang maka bukan artikel yang dipersembahkan namun hanyalah blog download dimana hanya untuk mendapatkan hasil melalui shortlink. Nah inilah pergeseran para blogger pemula saat ini yang cenderung ing mendapatkan hasil secara instan.

Lain lagi, jika memang ingin mendapatkan hasil secara benar maka bekerja menjadi penulis bayaran pada blog lainnya. Kemudian apa bedanya dengan kita bekerja kepada orang lain, alhasil kitapun cuma sekedar buruh saja. Berbeda jika kita memang membangun blog dan berusaha meningkatkan kualitas blog sehingga pengunjung akan berdatangan dan membaca tulisan pada artikel kita. Masih berfikir untuk mengakui sebagai seorang Blogger????

Beberapa waktu yang lalupun saya ikut masuk dalam sebuah group Blogging dan oh my God...sulit dipercaya bahwa banyak sekali blogger (atau yang ngaku blogger) berlomba untuk saling mendapatkan klik adsense...miris...sebegitukah? Baca Klik Cendol di Blog

Seolah-olah hal itu justru membuat blogger semakin kurang mempunyai harga diri, haruskah kita ngemis klik kepada orang lain? dengan embel-embel BW (blog walking) dan klik cendol itu membuat sebuah group yang seharusnya sebagai forum diskusi mirip jadi tempat sampah. Nah kita yang merasa sebagai pembangun blog dari awal tentu juga merasa risih dengan banyaknya iklan BW Cendol tersebut. Blog Walking tidak salah yang salah hanyalah cara bagaimana kita serasa menjadi pengemis. Bijaksanalah dalam menggunakan berbagai jalan. Blogger sebagai profesi yang dituntut untuk menjadi lebih bisa beratitut baik.

Adalagi penawaran jasa dalam bidang blog ini, jasa penyediaan template, jasa penyediaan script dsb. Namun yang jadi lucu ketika ada jasa jual-beli blog. Ya tidak ada salahnya jika memang butuh duit lalu menjual blognya (mungkin dia lelah). Ada lagi penyedia jasa Like. bermacam-macam usaha bisa dilakoni melalu blog dan turunannya.

Namun salah satu yang boleh dikatakan sukses adalah menjual produk sendiri melalui blog yang kita kelola. Produk yang berkaitan dengan informasi yang kita berikan melalui blog inilah yang sesungguhnya mendatangkan rupiah demi rupiah secara nyata. Contoh, jika anda seorang blogger dan menyukai dunia olahraga anda bisa memberikan informasi seputar olahrga tersebut dan menjual berbagai macam apparel terkait apa yang anda tuliskan. Bila sepak bola anda bisa menjual produk seperti sepatu, jersey, bahkan syal dengan logo tim sepakbola. Bagaimana? menarik bukan untuk dipelajari. Jika blog anda rame tentu juga akan menjadi modal untuk terjun lebih jauh semisal memonetisasi blog anda dengan Adsense. Sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampaui. Masihkah anda meragukan hasil dari Blogger sebagai sebuah profesi jika anda dapat menghasilkan uang nyata dari mengelola sebuah blog?

No comments:

Post a Comment