Sunday, March 19, 2017

Copy Paste Haram dalam Blogging

Salah satu cara mudah untuk mengisi blog yang kosong dengan konten adalah copy dan paste. Mudah bukan? Namun inilah kesalahan fatal dari seorang blogger pemula. Jika anda memang berusaha untuk total dalam dunia blog maka salah satu pesan yang wajib anda ingat adalah copy paste itu HARAM. Kenapa? Blog ibaratnya adalah sebuah karya, dan copy paste adalah produk KW. Lha anda pasti jika membeli sesuatu pasti pilih yang produk ORIGINAL kan? sama halnya dengan blog sebagai karya anda haruslah merupakan karya original dari buah pemikaran anda semua. Bukan hanya ibarat meniru mencontoh lebih parahnya adalah plagiat. Be a leader dont be a followers.
Ya bolehlah kita meniru cuma ya jangan sekedar copy paste saja itu namanya anda cuma membuat produk KW dan orangpun pasti akan lebih menyukai produk ORI nya alias blog lain sebagai panutan andalah yang akan mendapatkan viewers lebih banyak. Tidak ada kata bodoh dalam dunia blog, yang ada hanyalah kata malas. Yach kemalasan inilah yang harus kita perangi, kita lawan jika memang kita ingin sukses layaknya mereka yang sudah sukses dalam menghasilkan karya tulis lewat blog.

Banyak sekali para blogger pemula yang gagal dan patah semangat ketika tulisannya tiba-tiba hilang, padahal sudah dalam tahap yang diinginkan. Salah satu penyebab kegagalan itu mungkin saja karena adanya konten copy paste milik orang lain. Ya namanya mesin ga bisa ditipulah.
Dari pengalaman seorang teman yang memang sangat terburu nafsu untuk mendapatkan hasil lewat dunia maya adalah sebuah kekecewaan besar, hal ini disebabkan oleh semangat yang terlalu berkobar tanpa terkendali sehingga susah untuk menerima masukan dari teman lain. Banyak yang gagal ditengah jalan antara lain menggunakan jalan pintas. Sekilas memang hasilnya menjanjikan namun sesuatu yang instan pastilah tidak akan bertahan lama.
Lebih baik kita benar-benar memulai dari bawah dan setahap demi setahap menikmati perjalanan kita. Kita akan lebih benar-benar memahami dan mengerti sehingga ilmu yang kita miliki pun bertambah, jika kita menemukan sebuah kesulitan itu adalah ujian dimana kita akan benar benar paham ketika mendapatkan jawaban.

Contohlah ketika dahulu blog yang saya bangun ini harus ditolak puluhan kali demi mendapatkan persetujuan Adsense dari Google. Namun setiap tahap saya coba pelajari dan mencari solusi pemecahan dan hasilnya sebuah iklan yang terpampang layaknya blog profesional. Tentu bukanlah hal yang mudah namun dengan niat dan semangat yang konsisten hasilnyapun akan terasa lebih manis. Tinggal sekarang bagaimana kita mengembangkan dan terus menjaga konsistensi dalam dunia blog. Alhamdulillah perjuangan sayapun selama ini membuahkan hasil yang signifikan dan itupun juga dari blog yang saya kembangkan karena saya sadar bahwa tehnologi haruslah kita manfaatkan untuk kebaikan, Jika kita berbuat baik maka hasilnyapun akan kembali kepada kita. Nah semoga tulisan ini bisa memberikan alasan mengapa Copy Paste Haram dalam Blogging yang justru akan membuat kita mengalami kegagalan dalam menjadi seorang blogger handal.

No comments:

Post a Comment