Sunday, March 12, 2017

Golek Jeneng Lagi Jenang

Inilah sebuah pesan yang sampai detik inipun masih terngiang di pikiran saya. Sebuah pesan singkat bermakna dari salah seorang sahabat,senior bahkan juga guru saya dalam belajar ngeblog. Beliaulah yang menginspirasi saya untuk terus belajar tentang blog. Ya sebuah pesan singkat ini saya dapatkan ketika masih tahap awal perkenalan dengan beliau salah seorang blogger yang sukses yang kebetulan juga mempunyai hobi yang sama yaitu dalam hal mancing. Jika kamu ingin berhasil dalam artian memperoleh rejeki untuk makan (jenang) maka berjuanglah untuk mencari nama (jeneng) baik terlebih dahulu. Itulah pesan singkat yang sampai detik inipun terus saya pegang.

Ya berjuang untuk sebuah nama baik bukanlah hal mudah dan bukan pula hal gratisan yang bisa kita dapatkan. Kita memang harus berkorban baik waktu,tenaga, pikiran bahkan uang untuk mencapai hasil demi sebuah nama baik. Apakah nama baik itu nama yang kita pakai sehari-hari? hehehe...ya itulah nama kita namun dalam hal ini nama baik berarti Atittude atau tingkah laku. Jika kita sudah mendapatkan nama yang dikenal oleh setiap orang maka kitapun wajib menjaga bahkan mempertahankan nama tersebut. Istilah saat ini mungkin adalah pencitraan namun dalam hal yang positif sesuai dengan fakta yang ada. Kita pun tidak boleh bersikap semaunya atau sak geleme udele dewe kalo orang Jawa bilang (kebetulan saya memang orang Jawa). Tindak tandukpun harus sesuai dengan norma yang ada dan tidak boleh melanggar aturan. Sebagai orang Jawa yang katanya terkenal sopan santun dan halus pun harus kita pegang teguh. Nah bagi yang bukan dari Jawa mungkin disesuaikan saja dengan adat masing-masing, intinya kita harus jaga sikap tidak bersikap kasar. Budaya Timurpun mengajarkan itu bukan?
Ya sebuah attitude yang baik tentu juga akan memberikan nilai plus jika kita memang mempunyai potensi sesuai bidang kita masing-masing. Nilai plus inilah yang akan memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan peluang misalnya pekerjaan, order ataupun apa yang memang kita tekuni. Sebuah nama ibarat sebuah identitas walaupun sebatas dunia cyberpun wajib kita jaga. Jika kita berlaku baik kepada orang lain maka kebaikan itupun akan berbalik kembali kepada kita, ssebaliknya jika kita berlaku tidak baik tentu juga akan kembali kepada kita. Sayapun sudah mengalami hal tersebut, alhamdulillah walaupun tidak berharap kebaikan kita dibalas namun ada saja kebaikan kebaikan yang kita semai kembali menjadi sebuah kebaikan tanpa kita duga.....Believe It Or Not

No comments:

Post a Comment