Thursday, September 27, 2018

Penyebab dan Solusi Akun FB Dikunci Sementara

Tentu anda sekalian sudah paham apa itu FB tanpa kami jelaskan panjang lebar. Pembaca blog hampir semuanya adalah pemakai FB (dibaca facebook) sebuah aplikasi media sosial yang berkembang pesat terutama di Indonesia. Dibandingkan aplikasi medsos lainnya masyarakat Indonesia lebih menyukai FB dibandingkan aplikasi medsos lainnya karena FB memberikan interaksi 2 arah dan banyak yang memanfaatkan FB sebagai cara membentuk sebuah komunitas maupun sebagai ajang transakssi jual beli. Namun dibalik itu semua tetap saja ada kelemahannya terutama yang memang belum memahami seluk beluk FB secara lebih dalam. Nah kali ini akan kami bahass mengenai Penyebab dan Solusi Akun FB Dikunci Sementara yang belakangan ini muncul dari status teman-teman di FB yang kami maklumi dan sedikit senyum saja karena ketidak tahuan mereka dan tidak memahami fungsi penyelamatan akun tersebut.
Hal ini sebenarnya terjadi untuk sebuah antisipasi agar FB tidak digunakan sebagai ajang atau cara untuk berbuat kriminal, seperti penipuan online yang memang tidak dipungkiri semakin marak dan menggunakan berbagai macam modus salah satunya dengan mengambil akun-akun yang sudah dikenal dan kemudian memanfaatkan akun tersebut untuk penipuan dengan cara meminta uang transferan dan sebagainya. Biasanya hal ini terjadi jika akun kita diretas (dihack) dengan cara mengganti password bahkan hingga alamat emailnya (bisa diantisipasi dengan alamat email dan nomor telpon kita pribadi). Jika memang terjadi hal yang mencurigakan inilah biasanya pihak FB akan memberikan notifikasi dan history akun kita ke alamat email atau lewat nomor hp yang sudah kita daftarkan. Ini terjadi sebagai langkah pihak FB untuk antisipasi keamanan para pengginanya.
Namun ada juga yang panik dan marah marah ketika akun FB nya tiba-tiba dikunci. Nah apakah penyebab akun FB dikunci tersebut bisa jadi karena dari aktivitas kita sendiri. Sebagai contoh pernah kami alami ketika biasanya kami online FB menggunakan hp kemudian berganti ke komputer otomatis ada notidikasi peringatan tersebut (bisa juga ketika kita ganti browser aplikasi di hp). Atau ketika dari komputer kita kembali online menggunakan HP secara langsung akun FB kita di HP pun akan dikunci sementara. Dalam situasi seperti ini bagi yang tidak paham tentu akan menjadi panik dan mungkin marah, tetapi bagi kami cukup mengikuti langkah yang disarankan dengan mengechek saja aktivitas kita dan ikuti petunjukknya semisal mengganti password, mengisi form dan seterusnya.
Nah cara lainnya bisa kita check email yang kita daftarkan untuk FB dan mengikuti petunjuk yang disarankan sesuai langkah-langkanya. Simpel bukan, jika kita paham kita akan terhindar dari dugaan bahwa akun kita diretas. Kadang lucu juga ketika seseorang yang bukan siapa-siapa ngamuk ga jelas di media sosial karena hal seperti kami jelaskan diatas tadi dalam hati juga bilang Lha Kamu Siapa? kok ge er amat sampai ada yang niat meretas akun FB kamu? Ya kalo artis atau sekelas selebriti mungkin iya hehehe. Hal lainnya adalah kita harus hati-hati menggunakan aplikasi lainnya seperti bomb like yang dimana bisa menyebabkan akun dikunci karena terdeteksi sebagai spam. Karena aplikasi seperti itu biasanya disusupi dengan virus atau malware oleh pembuatnya demi keuntungan pribadi. Gunakan selalu aplikasi original yang dikeluarkan pihak FB dan terverifikasi.
Demikian tadi ulasan mengenai Penyebab dan Solusi Akun FB Dikunci Sementara semoga bisa membantu anda untuk mengantisipasi dan bertindak smart dalam menggunakan media sosial seperti FB ini. Salam Bloginasi.

No comments:

Post a Comment