Wednesday, October 3, 2018

Cara Berjualan Online Via Facebook

Dunia jual beli secara online kini makin ramai saja di berbagai paltform, baik melalui web penyedia market atau hanya melalui media sosial macam Facebook. Bergabung dalam berbagai komunitas sesuai dengan target kita sebagai penjual barang harus menyesuaikan kondisi group yang ada, kadang hal inilah yang diabaikan para penjual pemula dan kurang beretika. Dalam ulasan kali ini akan kami berikan ulasan mengenai Cara Berjualan Online Via Facebook.
Berdagang memang sebuah pekerjaan yang gampang gampang susah. Sebagai seorang pedagang online apalagi maka anda harus lebih tekun, telaten bahkan kadang harus dobel sabarnya dalam menghadapi konsumen. Setiap konsumen adalah raja namun kita juga harus jeli mana pembeli mana yang sekedar bertanya-tanya alias PHP saja. Dalam berjualan secara online kita harus jelas dalam memberikan deskripsi barang, baik mengenai harga, warna, fungsi dan hal-hal terkait barang yang akan kita jual tersebut. Cantumkan harga dengan jelas dan ongkos kirimpun harus sesuai dengan jarak yang ditempuh melalui jasa paket yang disepakati. Jika deskripsi sudah jelas tetapi konsumen masih bertanya hal yang sudah tercantum maka abaikan saja kecuali memang pertanyaan benar-benar menyangkut hal yang tidak ada dalam deskripsi barang yang kita jual.
Jika kita memposting dalam sebuah group komunitas maka pelajari dahulu group tersebut jangan asal posting dagangan seenaknya saja. Baca deskripsi group apakah diperbolehkan berjualan atau tidak. Akan lebih aman jika anda mengikuti group jual-beli sesuai dengan jenis barang dagangan anda. Jangan sampai anda terlihat bodoh dengan menjual barang yang tidak terkait sama sekali dalam group tersebut. Semisal anda menjual produk kecantikan di dalam group atau komunitas mancing yang dimana kebanyakan memang berisi para laki-laki...lucu sekali bukan?
Untuk menjadi seorang penjual online handal modal utama adalah sebuah kejujuran, serta pelayanan yang memuaskan, cepat tanggap dan responsive menghadapi konsumen. Ada baiknya anda mencantumkan jam pelayanan jangan sampai tengah malam anda masih sibuk mengurusi konsumen kecuali jika anda membuat penyataan bahwa pelayanan 24 jam.
Perlu diketahui bahwa tidak semua pembeli akan membeli barang anda karena kebutuhannnya, ada juga pembeli yang sekedar ingin mencari teman ngobrol atau sekedar ingin berkenalan saja. Anda juga harus waspada terhadap pembeli yang pura-pura alias penipu. Akan lebih bagus jika anda menjalin relasi yang kuat di sekitar anda baik secara real ataupun lewat jejaring sosial tersebut. Jika anda seller terpercaya maka konsumen pun akan datang dengan sendirinya.
Demikian tadi sedikit tips mengenai Cara Berjualan Online Via Facebook semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang ingin belajar berdagang secara online menggunakan media sosial Facebook. Semoga dengan tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi anda semuanya.

No comments:

Post a Comment