Sunday, October 14, 2018

Cara Membranding Produk

Brand adalah sebuah identitas dari sebuah produk. Brand bisa berupa merk, tulisan, slogan, logo, ataupun warna yang bisa menjadi ciri khas produk tersebut. Sebagai contoh orang akan mengenali huruf F berwarna biru sebagai simbol dari Facebook, atau huruf A pada merk peralatan olahraga Adidas. Nah untuk sebuah produk agar lebih mudah dikenali maka perlu sebuah Brand. Lalu bagaimana cara agar orang bisa mengenal Brand produk kita, disini kami jelaskan Cara Membranding Produk berdasarkan pengalaman dari perjalanan sebuah merk umpan tiruan hand made yang kami buat dan sampai hari ini orang masih mengingat produk tersebut walaupun sudah vakum.
Dalam membranding sebuah produk langkah pertama yang harus anda ingat adalah motivasi dan tujuan untuk apakah produk itu dikeluarkan. Dari sinilah kita bisa membuat sebuah logo yang mencerminkan motivasi, semnagat dan tujuan produk yang akan kita perkenalkan. Contoh kami punya produk umpan tiruan berbahan dasar kayu bekas atau limbah kayu, dan kami berikan semangat untuk mencintai lingkungan dengan warna dominan Hijau pada logo dengan tagline Strike is Never End yang bisa menjadi penyemangat bagi para pemakai produk kami untuk bisa mendapatkan ikan. Dan terbukti memang hasil produk kami tidak mengecewakan di mata konsumen. Hal itu bisa anda jadikan contoh untuk membuat logo sesuai dengan jalan motivasi dan semangat yang mengikuti produk tersebut.

Baca juga mengenai: Bloginasi
Setelah anda siap dengan identitas logo, jangan lupa lakukan promosi dengan memberikan pengertian bahwa anda mempunyai sebuah produk. Agar lebih menarik anda bisa membuat kuis yang berhadiah produk anda tersebut dengan pertanyaan seputar hal yang terkait dengan fungsi produk yang anda jual. Anda bisa juga memberikan gratis kepada rekanan anda atau lewat acara event yang terkait dengan fungsi produk. Semisal acara olahraga dan produk anda misalnya sepatu olahraga maka akan sangat pas sekali.
Lakukan promosi lewat media digital semisal media sosial yang saat ini menjadi sebuah jalan pintas dan murah untuk sebuah promosi. Anda tidak perlu capek membuat pamflet namun untuk pasar yang lebih luas bisa digunakan juga. Selanjutnya jangan lupakan konsumen yang sudah membeli, terus pantau dan dapatkan review mengenai produk yang sudah mereka beli. Lakukan perbaikan jika memang masih ada kelemahan pada produk anda tersebut.
Membranding sebuah produk ibaratnya kita memantau perkembangan produk dari nol hingga dikenal masyarakat luas, dimana nantinya ketika orang butuh produk yang terlintas hanyalah produk anda tersebut. Memang semua butuh sebuah proses dan pengorbanan namun yakinlah bahwa kegagalan adalah sebuah pijakan untuk memperoleh sebuah kepuasan yang sangat manis. Jangan takut menerima kritikan karena dengan kritikan tersebut produk akan menjadi eksis dan terkenal. Setiap saran dan masukan dari konsumen adalah sebuah bahan bakar untuk memperpanjang umur produk dan menjadi tameng melawan para pesaing kita.
Anda tidak boleh pantang menyerah walaupun produk kita gagal atau belum sesuai, semangat inilah yang akan menjadi energi untuk mengembangkan produk kita. Demikian tadi sekelumit Cara Membranding Produk semoga bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment