Wednesday, October 3, 2018

Mencari Niche Tepat Buat Blog

Niche atau bisa disebut thema untuk blog adalah sebuah deskripsi mengenai isi konten yang disajikan dalam blog tersebut. Niche biasanya menjadi bahasan pokok dalam penyajian sebuah konten di dalam blog yang akan menuntun kemana arah blog tersebut serta pengembangannya. Sebagai contoh adalah blog ini dimana Tehnologi menjadi Niche blog yang saya bangun ini. Dalam blog ini tidak mungkin saya akan menyajikan mengenai Olahraga yang dimana tidak dalam konteks blog yang bisa ditampilkan, namun jika saya kembangkan bisa saja blog ini berisi tentang ulasan mengenai komputer, handphone/cellphone, ataupun perangkat elektronik lainnya pada nantinya jika saya berkenan. Nah bagaimana agar kita bisa Mencari Niche Tepat Buat Blog tentu tidak mudah dengan asal tulis saja. Kali ini saya coba berbagi tips menentukan niche untuk blog yang akan anda buat.
Pertama adalah tanya pada diri anda sendiri apakah yang ingin anda tuliskan dan anda kuasai ilmunya. Jika anda pintar dalam bidang olahraga dan tahu banyak mengenai olahraga anda akan lebih bagus jika menulis mengenai olahraga yang sedang naik daun atau selalu jadi pencarian semisal sepakbola. Janganlah anda kemudian latah menulis tentang politik yang kemungkinan tidak anda kuasai walaupun niche dengan label politik akan lebih ramai dicari orang saat ini.
Kedua adalah anda mempunyai passion tentang niche tersebut artinya ada kesenangan tersendiri ketika ada orang lain bertanya atau berbincang dengan anda dengan thema tersebut. Semisal anda akan bersemangat menceritakan kemenangan tim sepakbola Manchester City saat menaklukkan rival sekotanya yaitu Manchester United dan anda menonton pertandingan tersebut dari awal hingga babak akhir, maka disitulah letak passion yang anda punyai.
Ketiga adalah tiada rasa bosan saat orang bertanya mengenai apa yang anda tuliskan dengan niche tersebut bahkan anda akan semakin semangat untuk memberikan informasi terkait tulisan pada konten anda. Disinilah sebuah penyemangat internal yang bisa menambah kesenangan untuk anda menulis pada blog.
Mungkin 3 kunci utama itulah yang bisa anda terapkan dalam Mencari Niche Tepat Buat Blog anda agar blog menjadi berkembang dan sesuai dengan passion yang anda punyai. Jangan kita menjadi merasa lebih tahu dari apa yang kita pahami. Bisa juga kita mengembangkan wawasan dengan terus belajar dan membaca dari apa yang kita ingin dapatkan. Tetap konsisten, terus semangat dan Pantang menyerah adalah jiwa blogger sejati. Sekecil apapun usahamu dalam mengembangkan blog itu akan lebih bermakna daripada berdiam diri dan hanya berfikir tanpa bertindak. Kemauan adalah kunci sebuah kesuksesan. Hindarilah kemalasan walaupun pada saat yang melelahkan. Sekian tulisan kecil dari saya dan semoga anda terus tetap bersemangat.

No comments:

Post a Comment