Thursday, February 16, 2017

Cara mengatasi kendala pada blog

Bagi pemula tentu hal ini adalah sebuah pekerjaan rutin karena memang dari sinilah seorang blogger diuji. Tidak ada cara instan dalam memulai sebuah blog seperti saya tulis pada konten sebelumnya bahwa ngeblog itu harus konsisten. Ada beberapa kendala umum yang sering dialami para blogger pemula. Ketika mendapatkan informasi tentang kesuksesan blogger senior tentu akan memicu adrenalin para pemula ini untuk bersemangat. Namun semangat yang terlalu berkobar inilah yang harus diwaspadai karena ketika melalui ujian pertama disinilah kita diuji. Ketika menghadapi kendala akan menurunkan semangat kita membuat kita menjadi malas dan ogah. Nah sebenarnya inilah ujian pertama kita untuk konsisten atau putus diawal sebagai blogger gagal. Ingatlah bahwa tiada kesukesan tanpa halangan dan rintangan. Jadi pada penyelesaian soal pertama adalah pertahankan semangat, tidak perlu terlalu bersemangat namun konsisten. Kunci utama adalah konsistensi.
Berikutnya, menuju kedalam internal blog. Jika ibarat sebuh rumah haruslah menarik dari luar agar orang tertarik untuk mampir dan berkunjung. Nah ketika kita dituntut untuk memperbaiki tampilan blog kendala kedua pun akan kita hadapi. Sekali lagi konsistensi kita diuji. Pilihlah tampilan yang simple tetapi menarik. Tidak perlu yang wah dan terlalu mencolok cukup dengan tampilan yang unik dan menarik. Hal ini bisa kita dapatkan dari pemilihan judul blog yang kita kelola. Nantinya akan banyak sekali produk dari pihak ketiga yang ditawarkan untuk mempercantik blog kita, jangan terburu-buru untuk membeli jika kita belum yakin dengan kualitas blog yang kita kelola. Manfaatkan fitur gratis yang ditawarkan terlebih dahulu sampai blog kita berkembang sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Tahap berikutnya pastilah kita juga akan mengalami kebosanan, bagi seorang pemula hal ini sangat wajar. Untuk mengatasi kebosanan menulis bisa kita lakukan hal lain yang menyenangkan, seperti refreshing namun tetap pada tujuan mengelola blog. Carilah bahan konten yang akan kita tulis disela-sela kegiatan refreshing. Hal ini tentu akan mengobarkan semangat kita untuk kembali aktif dan konsisten dengan blog yang kita jalankan.
Jumlah pengunjung blog juga akan menjadi salah satu ujian, salah satu tipsnya adalah mudah. Jika kita ingin dikenal ya perkenalkanlah diri kita. Bisa lewat beberapa teman maupun lewat media sosial yang makin beragam. Untuk masyarakat diluar media sosial bisa kita lakuakan dengan offline simplenya bisa kita bikin sticker untuk dibagikan sebagai media untuk menarik orang datang dan mengunjungi blog kita. Ya anggap saja sebagai perkenalan bahwa kita ini blogger. Simple dan mudah bukan. Untuk tahap selanjutnya tentu sudah masuk dunia blogger pro yang nanti akan saya jelaskan pada tulisan selanjutnya.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment