Wednesday, February 15, 2017

Tips untuk menjalankan blog

Tips untuk menjalankan dan mengelola sebuah blog merupakan solusi bagi para blogger pemula agar bisa konsisten untuk mengelola blognya sehingga dapat berjalan dan mencapai tujuan dari keinginan untuk menjadi blogger sukses. Hal apa saja yang sebenarnya jarus dilakukan seorang blogger?
Pertanyaan ini akan saya jawab sesuai dengan pengalaman yang saya alami sendiri.
Pertama hilangkan sifat malas untuk terus belajar khususnya belajar dari senior atau ahli blog yang dapat kita akses melalui internet. Banyak sekali informasi yang akan kita peroleh namun kita juga harus selektif adalam memilih mana informasi yang benar dan mana informasi yang menyesatkan agar kita benanr-benar bisa membuat suatu blog yang berkualitas.
Kedua adalah tentukan tujuan utama sebelum kita membuat blog, apakah hanya sekedar tempat curhat, ataukah memang ada misi lain. Buka dan cari informasi sebanyak-banyaknya, pahami dan serap kemudian kita laksanakan. Trial dan error tentu ada dalam setiap permulaan. Jika kita mendapatkan masalah yang menghadang jangan mudah putus asa dan patah semangat.
Ketiga, evaluasi setiap hasil tulisan kita di blog apakah sesuai dengan target kita ataukah belum. Jika belum maka cari penyelesaian dari masalah tersebut dengan mengevaluasi tulisan kita apakah kurang berkualitas ataukanh memang belum pas dan belum bisa diterima oleh para pembaca.
Selanjutnya berikanlah informasi yang sesuai dengan fakta yang ada jangan sekedar tulisan copy paste tanpa sumber yang jelas sehingga akan menimbulkan berita hoax alias sekedar kabar angin. Perjelas fakta dengan bukti konkrit yang akan meyakinkan bahwa informasi kita benar adanya dan tidak bohong.
Selalu update blog minimal 2x dalam seminggu agar kita bisa segera membalas komentar atau memperbaharui tulisan sehingga blog selalu uptodate sesuai dengan kebutuhan para audience. berikan lah informasi yang menarik yang jarang dibahas oleh blog lainnya sehingga akan mearik banyak pembaca.
Untuk para pemula sebaiknya bergabung dengan komunitas blogger yang sudah ada agar dapat menyerap ilmu secara langsung dari para blogger senior. Semoga tips ini dapat bermanfaaat bagi para pemula yang ingin belajar untuk menjadi seorang blogger sukses.

No comments:

Post a Comment